Tuesday, January 14, 2014

Menggabungkan JT65-HF dengan HRDlogbook

Dari judulnya menggabungkan antara HRDlog (Ham Radio Deluxe) dengan JT65 karena saya menggunakan Log database dengan HRD. Supaya mudah dan realtime data log nya masuk ke HRD maka di butuhkan software JTAlert yang fungsinya boleh dikatakan sebagai antar muka dari JT65 sehingga otomatis data Log yang dihasilkan akan langsung masuk ke log databasenya HRD.
Caranya mudah tinggal kita download saja JTAlert dari internet kemudian kita setup di config data logingnya.




Setelah di download lalu kita install pada folder yang sudah kita tentukan, lalu akan muncul shortcut di desktop kita dengan label JTAlert berupa icon notasi berwarna merah. JTAlert ini bisa kita gunakan untuk software JT65 lainnya yaitu WSJTx. Lalu buka icon JTAlert dan akan akan muncul windows seperti pada gambar diatas. lalu klik setting, selanjutnya klik Scan log and Update lalu akan muncul windows pada gambar di bawah ini.

Check pada kotak "Enable HRD V5/V6 logging" lalu akan muncul windows seperti dibawah ini. Selanjutnya pastikan Logging defaults di aktifkan bila anda ingin menguload data loging ke LoTW, eQSL atau yang lainnya. Lalu pilih database di lokal komputer kita. dalam hal ini bila kita menggunakan HRD log makan pilih pada bagian Data Source Name (DSN) pada menu scroll down adalah " HRD My Logbook - Access.




Setelah semuanya ter installed dan setting dengan baik, coba anda jalankan program JT65 dan lakukan QSO seperti biasa. setelah mendapatkan QSO dan bertukar report  dengan setasiun DX lalu klik pada kanan bawah jendela JT65 berupa klik button "Log QSO"




maka selanjutnya akan muncul sub windows lain nya seperti pada gambar di bawah ini:



Setelah muncul windows seperti diatas, lalu tekan tombol "Log Contact And Close This Window". ..lalu akan secara otomatis akan muncul berupa pop-up windows dengan hitungan mundur selama 5 detik untuk menyimpan pada database HRDlog. Jangan lupa and klik refresh pada HRDlog nya karena tidak keliatan tersimpan langsung.

Demikian sudah , semua data log dari JTAlert akan otomatis tersimpan pada Logbook di HRDlog. 
Banyak hal yang bisa di lakukan dengan JTAlert ini, saya belum memaksimalkannya.....

Noted: Satu hal yang saya alami pada saat log ini tersimpan otomatis di HRDlog makan mode defaultnya akan menjadi JT65A. Saya mendapatkan masalah pada saat upload ke LoTW karena tidak tahu kenapa LoTW tidak bisa mengenal JT65A, jadi anda perlu mengeditnya menjadi JT65.

22-April-2014 (update)
Setelah beberapa waktu di cari-cari ternyata peyebabnya saya kurang teliti membaca opsi-opsi yag harus dipilih di JTAlert agar mode JT65 tersimpan otomatis ke HRDlog.

Pada bagian log kita harus mengaktifkan pilihan "Log without Submode [Mode=JT65]"


So, problem solved. Kini kita dengan mudah mengupload data log JT65 ini langsung ke LoTW melalui HRDlog tanpa error. Upload ke LoTW dari HRD ini memudahan kita atau mempersingkat proses, karena tidak perlu kita create ADIF file lagi, langsung click kanan upload..

Update (14-Nov-2014).
Browsing dan mengikuti milist tentang JT65 ternyata ada versi lain yaitu JT65-HF-HB9HQX. Dengan versi ini kita tidak perlu menggunakan software interfacing lagi, kita dapat memilih logbook mana yang akan kita gunakan. Jadi ebih praktis dan mudah menggunakan nya.




Dari beberapa software JT lain nya, versi ini lebih sensitif dalam mendecode sinyal yang lemah. Dan sistim log nya sudah lebih mudah.



Selamat mencoba dan sukses lalu...TNX ES GL de YC1CWK

1 comment: