Monday, November 10, 2014

Kontes digital yang unik - WAEDC RTTY 2014

Dari sekian kali nya mengikuti contest digital di mode RTTY baru di contest sekarang ini ada opsi mengirim atau menerima QTC dari peserta contest lain nya dengan persyaratan harus berbeda Continent. Karena kita mendapatkan point QSO dari QTC ini berupa pengalian yang akhirnya akan sangat berpengaruh terhadap total point yang di raih. Apalagi mengirim QTC dengan ke continent lain yang terjauh dari kita. Tetapi ada resiko data QTC yang kita terima tidak semua nya dapat di terima dengan lengkap. Bila sama sekali datanya tidak lengkap atau boleh di katakan gagal walaupun sudah di coba berkali-kali sebaiknya kita batalkan saja. Dianjurkan sebaiknya memilih stasiun DX yang mempunyai sinyal yang cukup kuat kita terima, karena kemungkinan gagal dalam mengirim QTC sangat kecil...begitu pula bila kita akan menerima QTC.
QTC ini secara otomatis dari software contest yang kita gunakan. Kebetulan saya menggunakan N1MM . Satu group QTC terdiri dari 10 QSO's yang akan di label secara otomatis oleh software..Misalnya 1/10 berarti group QTC pertama yang terdiri dari 10 QSO dari data log kita. Caranya bagaimana? Kita dengan mudah hanya menekan tombol Ctrl-Z untuk menerima QTC dan menekan dua kali tombol Ctrl-Z untuk mengirim QTC. Nanti secara otomatis akan muncul window sebagai interface data dari log dan list QTC yang akan dikirim atau diterima....dan juga memudahkan kita untuk melakukan koreksi bila tidak dapat diterima dengan lengkap..kita hanya menekan tombol dengan nomor tertentu yang data nya tidak lengkap. Misal stasiun DX memberi tahukan kepada kita  untuk mengulangi nomor 5, maka kita hanya cukup click tombol Snd#5 saja, begitu pula untuk yang lain nya.


Ini adalah tampilan interfacing antara list log dan tombol-tombol untuk mengirim/menerima




Rekaman vidio saat contest WAE RTTY akhir pekan lalu, terlihat list nomor ke-10 oleh stasiun DX minta diulangi lagi untuk di kirim.



Awal nya saya bingung harus bagaimana menjawab contester yang menanyakan dengan kalimat "Do you need/have any QTC? " .....panik dan tidak tahu cara menjawab nya...dengan santai dengan menekan tombol F3 (TU GL DE YC1CWK..QRZ?) hehehehe...Googling dan tanya-tanya ke para senior akhirnya baru bisa mengerti bagaimana cara menerima dan mengirim QTC ini. Ternyata hal ini pun telah dialami oleh sang elmer OM Sardjana - YB2ECG , Terima kasih OM atas bimbingan nya.

Seperti biasanya setiap mengikuti contest selalu tidak fulltime di cockpit, karena ada saja permintaan dari anak-anak untuk minta jalan-jalan atau diantar ke teman nya (Amatir harus berjiwa seimbang). Contest kali ini saya hanya mengumpulkan 376 QSO di tambah QTC yang diterima menjadi 592...tapi angka tersebut belum di kalkulasi dan di koreksi oleh panitia...ya mudah-mudahan sih angka nya tidak terlalu jauh.


Score akhir yang diraih, masih ada waktu sekitar 10 jam lagi tapi sudah terlalu capek untuk melanjutkan



Sebenarnya yang saya kejar adalah penambahan DXCC digital yang sementara hanya berhenti di angka 85, mudah-mudahan akan bertambah  jumlah entity yang diraih setelah selesai mengikuti contest WAE RTTY ini.

11-Feb-2015
Sudah diumumkan oleh panitia nya , ternyata mendapat juara Continent Oceania...hihihi. Terimakasih panitia, terima kasih seluruh AR yang sudah kontak dan para senior pembimbing.




Plakat yang dikirim oleh panitia Contest untuk OCEANIA Winner




Salam de YC1CWK 73'


Useful link : - http://www.guernsey.net/~pcooper/waedc.html

Link YB2ECG: - http://yb2ecg.wordpress.com/2014/11/09/qtc-i-am-qrv-bk/


2 comments:

  1. Wuis...mantap bener...
    Wah dirasani di blog ya...
    Congrats.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakdhe....terima kasih sudah berkunjung. Menarik juga ya WAEDC ini.... dengan mengirim/menerima QTC point kita bisa bertambah otomatis. suwun bimbingan nya

      Delete