Thursday, November 27, 2014

Menambahkan kipas pendingin tambahan pada IC-706MKIIg

Radio ICOM IC-706mkIIG ini jenis radio yang compact dimana dapat mencakup 4 band (HF, VHF, UHF dan 50Mhz) cukup praktis digunakan untuk aktifitas portable, baik itu di kendaraan atau untuk kegiatan lain nya, misal untuk bankom, field day, hamfest dll.

IC-706mkIIg
Kelemahan radio ini adalah panas yang cukup tinggi , walaupun hanya untuk kondisi stand by atau monitor, dapat dirasakan hampir sekujur body nya panas. Ya betul seluruh body radio ini adalah Heatsink, jadi saat dioperasikan panas akan menyebar. Bagaimana untuk mengurangi panas walaupun pabrikan sudah mendisain nya seperti ini. Ada cara lain yaitu dengan menambahkan kipas pendingin tambahan di luar yang fungsi nya menarik udara dari heatsink bagian belakang dan memodifikasi suply tegangan pada kipas bagian dalam.

1. Didalam radio ini ada kipas mini sebagai pendingin yang akan aktif bila PTT ON, dan akan berhenti bila pada posisi sebaliknya...tentu saja ini tidak cukup untuk mendinginkan radio terutama bagian ragkaian final. Dan akan merusak trasistor final atau bahkan ke bagian lain nya kalau panas nya terlalu tinggi.


Resistor 220ohm 3W dipasang diantara kedua panah kuning
Dengan menambahkan resistor sebesar 220ohms yang akan memberikan supply tegangan pada kipas sebesar 9V pada saat kondisi stand by dan akan menjadi 13.8V pada saat PPT ON. Jadi walaupun kondisi stand by atau monitor kipas internal nya akan selalu aktif walaupun pada putaran yang tidak maksimal, akan tetapi setidak nya cukup untuk membuang panas yang ada di bagian dalam radio ini.


Titik untuk mensolder kaki resistor nya supaya tdak mengupas kabel merah untuk suply mini fan


Titik dimana tegangan akan menjadi 13.8V saat PTT ON


2. Selanjutnya dengan dipasang kipas mini pada bagian Heatsink cukup membantu untuk mengurangi panas yang di hasilkan. Kipas ini akan berputar selama radio ini pada posisi ON. Power nya di ambil dari socket di belakang radio ini. Dengan dipasang dengan seumlah baut yang cukup untuk menahan radio ini.



Bisa juga menggunakan lem jenis silikon yang mudah kita lepas dan tanpa merusak bagian radio. Gambar di bawah ini saya menggunakan fisher yang kebetulan pas ukuran nya dengan celah pada sirip pendingin.




Hasilnya sangat memuaskan selama 10 hari radio ini diaktifkan non-stop, baik untuk memancar atau monitor selama kegiatan berlangsung ,panas nya hanya hangat-hangat saja. Tentu saja radio ini akan awet umurya..

Selamat mencoba , de YC1CWK

No comments:

Post a Comment